Tips Memulihkan Semangat Kerja

Fiiuhhh…..akhirnya setelah lebih dari seminggu belakangan ini bisa bangun dan tidur sesuka hati, besok harus bisa tepat waktu lagi dalam segala hal. Sebenarnya ini bukanlah hal yang sulit, semua orang bisa melakukannya asal ada kemauan. Sekarang yang jadi masalah adalah apakah setelah kita tepat waktu untuk memulai segala aktifitas, kita masih memiliki semangat untuk melakukan aktifitas-aktifitas kita seperti; sekolah, kuliah, bekerja, ataupun nongkrong sambil ngelamun #ups.


Ya, bagi mereka yang mengambil cuti bersama sejak Jumat lalu, hari ini memang merupakan hari yang terasa berat karena “virus” libur panjang masih menyerang. Ibaratnya, orang masih merasa “jetlag”. Kondisi dan “suasana” mental harus dipulihkan kembali saat ketemu lagi dengan kemacetan lalu lintas, dan mood kerja juga harus “dikembalikan” lagi.

Bahkan, saking hebatnya “virus” libur panjang tersebut, kita membaca atau mendengar kabar bahwa di sejumlah kantor tertentu, terutama kantor pemerintah, masih banyak karyawan yang bolos kerja. Ini membuat kita yang sudah masuk kerja jadi semakin tidak bersemangat.

Bagaimana mengatasi virus tersebut agar kita bisa bekerja kembali dengan semangat yang maksimal?


Tips yang pertama:
Sebaiknya, hal ini sudah dipikirkan sejak masa liburan mulai akan berakhir. Tepatnya, pada hari terakhir liburan, usahakan jangan lagi ada kegiatan yang melelahkan seperti bepergian ke luar kota. Melainkan, perbanyaklah waktu untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman, atau kalau mau, manjakan diri dengan cream bath, spa, berenang, nonton film, dan makan enak di restauran. Pijat refleksi atau kebugaran juga bisa dipertimbangkan untuk menyegarkan  kembali tubuh Anda (bukan pijat atau panti kebugaran yang “xxx”).

Tips yang kedua:
Khusus bagi Anda yang mudik ke kota-kota yang jauh, usahakan Anda sudah kembali ke kota tempat Anda bekerja sehari sebelum masuk kerja. Malamnya, jangan tidur terlalu larut. Siapkan berbagai keperluan untuk pergi ke kantor keesokan harinya. Teliti jika ada berkas-berkas pekerjaan yang harus dibawa, jangan sampai membuat Anda stres pada pagi harinya sebelum berangkat ke tempat kerja. Oh, ya catat juga aktivitas penting esok hari kalau ada.


Tips yang ketiga:
Dalam perjalanan menuju tempat kerja, bayangkanlah hal-hal yang menyenangkan, misalnya betapa serunya nanti ketemu lagi dengan teman-teman sekerja, lalu saling bertukar cerita pengalaman liburan. Atau, bayangkan di kantor akan banyak oleh-oleh dari teman-teman Anda yang juga mudik. Anda sendiri tentu ada baiknya kalau bisa membawa oleh-oleh makanan khas dari kota Anda. Semua itu akan membuat Anda lebih bersemangat untuk pergi ke kantor.





Nah, berbagai persiapan mental tersebut akan lebih efektif bila disertai dengan hal-hal berikut di bawah ini:

— ingatlah, hari pertama kerja setelah libur panjang bukanlah awal, melainkan bagian dari rangkaian panjang rutinitas kerja yang telah lama Anda jalani.

— buatlah rencana yang menyenangkan: makan siang bersama teman-teman, meng-update blog dengan cerita pengalaman berlebaran di kampung, dan membawakan oleh-oleh khusus untuk bos atau manajer Anda.

— bangun tidur sepagi mungkin, pakaikan busana baru yang Anda pakai pada saat lebaran tempo hari; sambil berdandan dengarkan musik kesukaan Anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s